Minggu, 02 Mei 2010

tugas jarkom

3G(third-generation technology)

Pada dasarnya perkembangan teknologi komunikasi disebabkan oleh keinginan pengguna untuk selalu memperbaiki kinerja, kemampuan dan efisiensi dari teknologi generasi sebelumnya. Adapun perkembangan generasi nirkabel yaitu:

1. Generasi pertama:
analog, dimulai pada awal atahun 1980-an sebagai bagian komersil dari AMPS. Menggunakan format FDMA(frequency Division multiple access) yang membawa suara analogsebesar 800 Mhz pita suara.
2. Generasi kedua:
Digital, Berkembang diawal 1990an saat operator seluler mengeluarkan 2 macam standar suara digital.GSM dan CDMA.
3. Generasi ketiga:
Digital, Merupakan terobosan dalam pengiriman paket data yang memungkinkan berbagai aplikasi jaringan diterapkan. dengan kata lain 3G menghadirkan sebuah perubahan evolusioner dalam kecepatan pemindahan data.

3G(dari bahasa inggris yaitu Third-generation technology)merupakan sebuah standar yg digunakan oleh telepon seluler generasi ketiga.Istilah ini umumnya digunakan untuk mengacu pada perkembangan teknologi nirkabel.Melalui 3G, pengguna telepon seluler dapat memiliki akses yang luas dan cepat melalui internet mencapai 385kilobit setiap detik ketika alat tersebut berada pada kondisi diam atau bergerak secepat pejalan kaki. 3G mengalahkan semua pendahulunya, baik GSM ataupun CDMA.

Pengembang Resmi di Indonesia
  • Telkomsel
  • Excelcomindo Pratama
  • Indosat
Keberhasilan Teknologi 3G di Eropa dan Jepang disebabkan oleh:
  1. Dukungan pemerintah, Pemerintah jepang tidak mengenakan biaya dimuka(upfront fee)atas penggunaan lisensi spektrum 3G atas operator-operator di jepang (ada 3 operator yakni: NTT Docomo,KDDI dan Vodafone)
  2. Kultur masyarakat,layanan(video call)yang diramalkan menjadi killer apllication tidak terlalu banyak diminati, namun layanan download musik lah yang sangat digemari.
  3. kegemaran layanan konten, docomo dan SKTel tidak menggunakan WAP standar sebagai layanan kontennya. Docomo mengembangkan aplikasi browser yg disebut IMode, sedangkan SKTel mempunyai June dan Nate.
Perkembangan 3G:
  • secara evolisioner:
Standar IMT-2000 menerapkan 2 macam evolusi ke 3G. yaitu:1 dari 2G CDMA standard IS-95(cdmaOne) ke IMT -SC(cdma2000), 2 dari 2G TDMA standar (GSM/is-136) ke IMT -SC(EDGE)
  • Secara revolusioner:
Ini adalah IMT-2000 yg memerlukan alokasi spektrum yg baru.sebagai contoh IMT-DS(W-CDMA)karena saluran yg diperlukan cuku[p luas (5MHz)dan TMT-TC(TD-SCDMA/ULTRA TDD)ditambah dengan IMT-FT(DECT)karena memerlukan frekuensi TDD.

Kemajuan 3G:
  • 3G ke 3.5G
Secara evolusioner teknologi 3G telah dikembangkan ke 3.5G melalui peningkatan kecepatan transmisi data dengan teknologi berbasis HSDPA (High- Speed Downlink Packet Access)

  • 3D ke 4G
Belakangan ini industri nirkabel mulai mengembangkan teknologi 4G, meskipun teknologi 4g ini seperti LongTerm Evolution(LTE)hanya merupakan evolusi dari teknologi 3GPP dan Ultra Mobile Broadband(UMB)berasal dari 3GPP2 , sehingga sulik membedakan dengan jelas mana 3G dan 4G. salah satu teknologi 4G yaitu WiMax mobile standard yg diterima oleh ITU untuk ditambahkan pada IMT-2000,sehingga teknologi baru ini masih digolongkan kedalam teknologi keluarga 3G.International Telecomunication Union (ITU)sedang mempelajari kemampuan broadband yg disebut IMT-advanced yang disebut Teknologi generasi keempat.


REFERENSI:
  1. http://webopedia.com/term/3/3g.html/
  2. http://gsmarena.com/glossary.php3/term=3g
  3. kadir,abdul&Terra ch, Triwahyuni,2003.Pengenalan teknologi informasi. yogyakarta;penerbit andi
  4. Turban E,Reiner JR EK, Potter RE.2006,Pengantar teknologi Informasi edisi 3.Jakarta; penerbit Salemba Infotek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar