Jumat, 21 Mei 2010

BAHAYA DARI PERUBAHAN IKLIM (PEMANASAN GLOBAL)

Bumi kita menjadi lebih hangat,,,mungkin bnyak orang bilang nyaman..Padahal dengan naiknya suhu rata-rata planet kita yang 1derajat celcius saja banyak banget lho bahaya-nya..

Penyebab utamanya yaitu GAS RUMAH KACA (greenhouse glasses) yang mencapai 40%adalah hasil pembakaran minyak bumi sebagai sumber utama energi kita.Lalu adapun gas hasil pembuangan freon,hasil pembakaran batu bara dll.

Adapun Dampak dari meningkatnya suhu rata-rata bumi yakni:

1. Badai Tropis
Umumnya badai tropis terbentuk dari hujan badai(thunderstorm)yang berasal dari awan kumulonimbus, dibantu oleh keadaan laut dan atmosfer.Bantuan dari LAUT adalah temperatur permukaan yang hangat,sedangkan bantuan dari atmosfer adalah berupa kondisi troposfer yang kelembabannya tinggi, contohnya yakni awal Februari 2003 secara ga langsung jakarta terkena efek badai tropis Fiona yangbergerak menjauhi ekuator di perairan pantai barat laut australia. ibaratnya baru cuma kena ekor aja, Jakarta udah terendam banjir dan di liputi angin kencang..

2. Kekeringan
Perubahan iklim dapat menyebabkan musim kemarau yang panjang, kalau ini terus terjadi banyak manusia di dunia ini yang kelaparan,Jika pengrusakan ngak dihentikan mungkin sekitar 2030 atau 2030 akan terjadi kenaikan suhu lagi.kondisi ini akan mengurangi air tanah maupun air sungai shingga berdampak negatif pada perairan sawah (irigasi),maka petani akan gagal panen sehinga pasokan makanan menjadi langka maka hewan ternakpun akan punah.

3.ES MENCAIR
Es kutub mencair dengan kecepatan yang menakutkan, dengan Melelehnya daratan es di greenland dan lepasnya gunung es dari gletser maka menyumbang sekitar 7% kenaikan permukaan laut pada sekitar tahun 2007.kamu bisa bayangkan betapa mengerikan lempengan esbesar di bagian timur Antarctica yang bernama Larsen B meleleh begitu cepat dalam waktu 3bln.Hasilnya, 3 Hektar area dari es setebal 200 meter denagn total berat 720miliar ton itu terlepas dan berenang-renang mencair di lautan lepas. Yang bakal terkena imbasnya yakni negara-negara kepulauan seperti Indonesia. Diperkirakan kurang lebih 72 hektar lahan Jakarta akan tenggelam pada tahun 2030 dan meningkat 160 hektar ditahun 2050,,serem kan???makanya kita harus sadar sedini mungkin bahaya akan pemanasan global..toh ga ngerugiin kita kog klo qta bisa berubah,,, WHAT U GIVE IS WHAT U GET,,

2 komentar:

  1. apa pemanasan global itu berawal dari efek rumah kaca saja..tolong donk beri informasi lebih lanjut untuk menghindari terjadi pemanasan global tersebut..

    BalasHapus
  2. ga jg sehh cma ja kendala dan penyebab utama pemanasan global adalah GAS RUMAH KACA (greenhouse glasses) yg membuat suhu rata2 bumi naik dengan cepat karna lapisan ozon yang bolong

    BalasHapus